Minggu, 22 Mei 2011

MATA-MATA AS DI TANGKAP DI IRAN






Teheran (ANTARA News) - Kementerian Intelijen Iran Sabtu mengumumkan telah mengidentifikasi dan membongkar satu jaringan spionase besar yang berkaitan dengan Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), dan menambahkan bahwa 30 orang telah ditahan selama operasi itu.

Tiga puluh orang yang diduga mata-mata Amerika Serikat telah ditangkap dan 42 CIA agen operational terkait jaringan telah diidentifikasi, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan yang disiarkan pada Sabtu.

Kantor Departemen Humas menambahkan dalam pernyataan itu, bahwa jaringan mata-mata AS yang terkait itu beroperasi di balik kedok pusat pencarian pekerjaan untuk menarik warga Iran untuk bekerja sama dengan mereka, dengan menjanjikan mereka pekerjaan dan kesempatan pendidikan, dan menipu mereka dengan visa dan izin masuk ke Amerika Serikat.

Jaringan ini "didirikan oleh sejumlah agen CIA terkemuka" di beberapa negara, dan karena pekerjaan kontra-intelijen dan intelijen besar, agen-agen intelijen Iran berhasil menemukan dan benar-benar membongkar jaringan, kata pernyataan itu.

"jaringan yang digunakan berbagai basis data dan kedutaan besar AS serta konsulat dan di beberapa negara, khususnya di Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia dan Turki, untuk mengumpulkan informasi tentang ilmiah penelitian Iran, dan lembaga pendidikan di bidang energi nuklir, udara dan pertahanan industri serta bioteknologi," kata Menteri Intelijen Iran.

Pernyataan itu lebih lanjut menunjukkan bahwa jaringan AS juga memata-matai minyak Iran dan pipa gas, listrik dan telekomunikasi, bandara, departemen bea cukai, jaringan keamanan dan perbankan untuk operasi sabotase di masa depan.
(H-AK/B002)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar