Kamis, 07 April 2011

TIPS MEMILIH BROADBAND

Para pengguna Internet khususnya di Indonesia sudah mulai melirik broadband sebagai media komunikasi Internet utamanya. Jangan bandingkan dengan di luar negeri yang untuk perumahan pun sudah menggunakan broadband berkecepatan super.

Selama masa perjalanannya, jaringan Internet broadband cukup banyak berkembang baik dari segi teknologinya maupun produk-produknya yang dilempar ke pasaran oleh penyedia jasa Internet. Tren produk broadband dari waktu ke waktu semakin membuat internet terasa murah saja, meskipun kualitasnya tidak selalu dijamin bagus. Teknologi broadband memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi meluasnya penggunaan Internet.

Jika di luar negeri banyak yang sudah merasakannya, di Indonesia mungkin ada sebagian pengguna dan pehobi komputer yang tidak tahu tentang Internet broadband beserta teknologi dan produknya. Maka itu, tidak ada salahnya teknologi ini kita review kembali dengan cakupan yang lebih bersifat umum dan general. Meskipun belum bisa merasakannya, paling tidak sudah ada gambaran mengenai apa sih sebenarnya teknologi Internet broadband yang banyak disebut-sebut di kota besar.

Teknologi Internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis Internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband adalah sampai sekitar 128 Kbps atau lebih. Meskipun jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, teknologi Internet broadband biasanya jalur ini akan dibagi dengan pengguna sekitarnya. Namun jika tidak ada yang menggunakan, maka Anda akan menggunakan sepenuhnya jalur lebar tersebut. Meski tidak selalu demikian kondisinya, namun tren broadband di Indonesia memang demikian.

Jaringan Internet broadband dapat digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, pehobi game, sampai dengan kantor-kantor kecil dan kantor cabang yang ingin terkoneksi dengan kantor pusatnya dengan kecepatan cukup tinggi. Mengapa mereka harus mempertimbangkan broadband?

Broadband menjadi begitu terkenal tidak lain karena teknologi jaringan Internet umum seperti dial-up sudah tidak memadai lagi untuk digunakan dalam aplikasi saat ini. Pada umumnya, aplikasiaplikasi tersebut menuntut Internet yang berkecepatan tinggi dengan waktu tempuh data yang tidak lama. Maka dari itulah, broadband berkembang sebagai solusi yang tepat dengan kemampuannya dan juga keekonomisannya.

Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup cepat meski tidak seterusnya bisa demikian. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi boros bandwidth, namun tidak dijamin kelancarannya ketika banyak pengguna sedang terkoneksi.

Selain itu, coverage area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis. Di sinilah nilai plus dan minus nya produk Internet broadband.

Apa Saja Teknologi Broadband yang Ada?

Teknologi broadband yang paling umum digunakan di Indonesia untuk menghantarkan koneksi Internet untuk Anda adalah teknologi DSL, teknologi Cable, dan fixed wireless. Masing-masing media memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang justru menjadikan opsi bagi yang ingin menggunakannya. Semua akan dibahas satu per satu di sini.


* ADSL

ADSL kependekan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Dengan memilih tipe ini maka Anda bisa menggunakan saluran telepon yang telah ada untuk terhubung dengan Broadband. Keuntungannya, tipe ini sudah dikenal secara luas dan banyak digunakan orang. Selain itu, ketika Anda memilih tipe ini maka Anda akan mendapatkan semua piranti dan software yang diperlukan sehingga Anda bisa menginstalnya sendiri. Namun ada pula kerugian yang mungkin Anda temui yakni karena ADSL menggunakan jalur yang sama dengan jalur telepon yang Anda gunakan maka ketika banyak orang menggunakan ADSL pada jalur yang sama akan berpengaruh pula pada kecepatan akses internet.

Nantinya bila Anda memilih tipe ini maka Anda akan membutuhkan sebuah Spliter. Spliter adalah sebuah konektor kecil yang dipasang pada socket telepon di rumah Anda. Dengan menggunakan Spliter ini maka saluran telepon Anda akan dibagi sehingga nantinya Anda tetap bisa menerima telepon secara normal dan juga akses ke internet BroadBand.

* Kabel

Dengan memilih tipe ini maka akses internet akan Anda dapatkan melalui layanan TV kabel yang Anda gunakan. Keuntungannya adalah Anda akan memperoleh akses internet yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan tipe ADSL. Namun sama seperti tipe ADSL, kecepatan akses internet juga akan terpengaruh bila dalam satu jalur terjadi penggunaan secara bersamaan. Selain itu tipe seperti ini hanya tersedia di wilayah-wilayah tertentu saja.

* Satelit

Dengan memilih tipe ini maka sebuah piringan satelit akan dipasang di rumah atau pekarangan Anda. Tipe seperti ini cocok digunakan bila wilayah Anda belum dirambah oleh tipe ADSL maupun kabel. Tipe ini juga memiliki beberapa kelemahan yakni hanya menawarkan BroadBand dengan kecepatan yang rendah, mudah terganggu dengan adanya perubahan cuaca serta memiliki harga yang cukup mahal.

Layanan Broadband tersedia dalam berbagai pilihan, Kecepatan broadband diukur dengan menggunakan satuan Kbps  (Kilo bits per second) / Mbps (Mega bits per second). jadi anda bisa memilih kecepatan broadband yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk memilih broadband yang tepat bagi anda, maka anda perlu menganalisa kebutuhan yang paling dominan dalam penggunaan akses internet. pada dasarnya, menurut saya terdapat 5 tipe pengguna internet, 5 tipe pengguna internet tersebut saya kategorikan sebagai berikut :


Penggemar Game Online.

Jika anda termasuk tipe ini maka anda dapat memilih kecepatan broadband 500 Kbps keatas, tapi untuk Game-game terbaru saya sarankan 1 Mbps agar tidak lag (hehehehhehe, gk lucu kan klu ada momon / musuh yang datang kita cuma matung aja). dan gunakan layanan tanpa batas, tanpa batas disini maksudnya tanpa quota bulanan.

Sering Download.

Bila anda sering melakukan aktifitas download, sharing video, musik, dan software, anda SANGAT disaran kan menggunakan layanan broadband dengan kecepatan maksimal dan layanan TANPA BATAS.

Usaha Kecil.

Jika anda memiliki usaha kecil di rumah, sebaiknya gunakan layanan terbatas, katakan lah dengan Quota 5 - 10 GB / bulan dengan kecepatan 128 - 250 Kbps. Dan pastikan anda bisa mengirim dan menerima Email dengan ukuran  besar.

Penggemar Foto.

Kebanyakan tipe ini berasal dari kalangan Fotografer atau orang yang suka mengumpulkan foto untuk dibagikan kepada komunitas online mereka. untuk tipe ini, anda bisa memilih layanan terbatas dengan kecepatan tinggi, sehingga proses upload foto bisa cepat dilakukan.

Teknologi Phobia.

Nah ini nih yang mungkin masuk tipe saya, orang-orang tipe ini biasanya tidak akan sabar bila menggunakan broadband yang lambat (uhuk,uhuk,uhuk) kok batuk ya ??? sepertinya ada yang jelek"in saya *heu,heu,heu*, back to the topic, jika anda termasuk orang"  tipe ini sebaiknya pilihlah broadband dengan kecepatan maksimal 1 Mbps - 3 Mbps dan layanan tanpa batas. sebagai catatan saya menggunakan layanan dari s****y tanpa quota dan kecepatan 2 Mbps, kalau dilihat dari rangking sangat jelek  s/d  sangat bagus, saya pilih cukup Laughing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar